Saturday, 17 October 2015

Mengenal tentang Blend Tool di Coreldraw


Blend Tool merupakan Tool yang ada di Toolbox Coreldraw yang digunakan untuk menyambungkan dua objek hingga menghasilkan sebuah tumpukan, susunan atau deretan dengan  bentuk dan ukuran yang diambil dari objek satu menuju objek yang keduanya. Dan kali ini saya membahas tentang Blend Tool di Coreldraw, dan cara menggunakannya...

Okeee, langsung saja kita mulai mengenal apa itu sih Blend Tool cara menggunakannya...

Pertama, buatlah terlebih dahulu objek yang akan di Blend. Sebagai contoh saya membuat dua objek kotak berwarna merah. Anda juga bisa menggunakan objek selain kotak misalnya objek segitiga, lingkaran maupun campuran antara kedua objek tersebut.

Setelah itu, untuk mengaktifkan Blend Tool, klik Blend Tool pada Toolbox yang ada di bagian sebelah kiri.

Kemudian setelah Blend Tool sudah aktif, klik objek kotaknya kemudian geser pointer sambil di tahan menuju kotak yang satunya kemudian lepaskan klik pointernya.

Setelah sudah menge-Blend objek tadi, sekarang menuju ke Properties Bar, Properties Bar akan muncul secara otomatis ketika anda memilih salah satu Tool di Toolbox.


1. Preset 
Digunakan untuk mengubah bentuk posisi dan warna dari kedua objek yang di Blend.

2. Object Position
Di gunakan untuk mengubah posisi objek ke sebelah kiri ( x: ) maupun ke bawah ( y: ).

3. Object Size 
Di gunakan untuk mengubah ukuran suatu objek secara Horizontal maupun Vertical.


1. Objek Blend
Digunakan untuk mengatur banyaknya atau sedikitnya jumlah Blend.

Sebagai contoh, saya membuat jumlah Blend dari 5, 10 sampai 100. Anda bisa juga membuat jumlah Blendnya lebih dari 100 sesuai keinginan anda.

2. Blend direction
Digunakan untuk membuat hasil Blend memutar ke arah kiri maupun ke arah kanan.

Sebagai contoh saya akan memutar ke arah kiri 75,0 derajat, maka objek tadi memutar ke arah kiri, jika anda menggantinya dengan angka -75,0 derajat, maka sebaliknya akan memutar ke arah kanan.

3. Loop Blend
Digunakan untuk menyesuaikan posisi Blend dengan objek yang paling depan.

Jika anda ingin mengaktifkan ikon Loop Blend anda harus mengatur Blend Direction terlebih dahulu. Seperti pada gambar di bawah ini.



1. Direct Blend
Digunakan untuk merubah objek yang berwarna campuran menjadi warna aslinya atau warna sebelumnya.

Sebagai contoh saya merubah warna pelangi menggunakan Presets... atau Clockwise Blend, setelah itu saya ingin merubahnya lagi menjadi warna aslinya, tinggal klik ikon Direct Blend, maka akan menjadi warna sebelumnya.


2. Clockwise Blend 
Digunakan untuk merubah warna objek menjadi kreasi warna yang bermacam-macam seperti warna pelangi (mejikuhibiniu).

3. Counterclockwise Blend
Sama halnya dengan Clockwise Blend, digunakan untuk merubah warna menjadi warna yang bermacam-macam.


1. Objek and Color Acceleration
Digunakan untuk mengatur spasi objek Blend dibagian belakang maupun depan. Contohnya saya akan membuat spasi dibelakang lebar, maka arahkan Acceleration Object kearah kanan, sebaliknya jika ingin spasi depannya lebar maka arahkan Acceleration Object kearah kiri.


2. Accelerate Sizing For Blend
Digunakan untuk mengatur ukuran Acceleration menjadi besar maupun kecil. Anda harus mengatur Objek and Color Acceleration terlebih dahulu sebelum menggunakan ikon ini.

Miscellaneous blend Options

1. Map Nodes
Digunakan untuk menyambung Node yang ada di  depan ke Node yang ada di belakang, contohnya pada gambar dibawah ini.

Start and End Object properties

1. New Start
Digunakan untuk memindahkan Blend ke objek lainnya.
Contohnya jika anda ingin memindahkan blend yang sudah di buat ke objek berbentuk yang berbeda, misalnya objek lingkaran, atau kotak atau juga bentuk lainnya.

Caranya buat dahulu objek untuk tempat memindahkan objek Blend.
Sebagai contoh, kali ini saya buat objek kotak, setelah di buat, kemudian anda select objek yang terBlend, kemudian klik ikon Start and End Object properties > New Start, lalu arahkan pointer ke objek kotak yang tadi dibuat, maka Blend yang tadinya di kotak sebelah kiri berpindah di kotak sebelah kanan, lihat pada gambar dibawah.

Cara ini harus menggunakan objek di bagian belakang/Behind objek yang terBlend.

2. Show Start
Digunakan untuk melihat objek Blend yang ada di bagian paling belakang.

3. New End
Fungsinya sama seperti New Start, bedanya kalau New Start harus menggunakan objek di bagian belakang objek Blend, kalau End Start di bagian depan objek Blend

4. Show End
Digunakan untuk melihat objek Blend yang ada di bagian paling depan.


Path Properties

Digunakan untuk membuat objek blend mengikuti suatu garis, baik itu garis tak beraturan, garis objek kotak, lingkaran dll.

Sebagai contoh saya akan membuat garis dari objek lingkaran, setelah itu select objek Blend, kemudian klik ikon Path Properties > New Path, setelah di klik arahkan pointer ke dekat garis lingkaran, maka akan menjadi bentuk seperti pada gambar di bawah ini.


1. Copy Blend Properties
Digunakan untuk menggandakan objek blend

2. Clear Blend
Digunakan untuk menghilangkan efek Blend pada objek.

Coba anda select terlebih dahulu objek Blend, kemudian klik ikon Clear Blend, maka efek Blend pada objek akan hilang, dan akan kembali ke bentuk sebelumnya ketika belum di Blend.


Alhamdulillah akhirnya selesai juga nulis artikel tentang mengenal Blend Tool di Coreldraw. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba untuk buat objek menggunakan Blend Tool ini............

No comments:

Post a Comment