Thursday, 12 November 2015

Mengenal secara detail Fountain Fill di Coreldraw

Mengenal secara detail Fountain Fill di Coreldraw - Fountain Fill adalah Fill Tool yang digunakan untuk mengakses kotak dialog yang digunakan untuk memberikan gabungan warna dan gradasi pada suatu objek.
Berikut ini tampilan dari kotak dialog Fountain Tool.

Dan di topik kali ini akan membahas tentang Fountain Fill di Coreldraw. Berikut ini penjelasan mengenai Fountain Fill.
Jika anda belum mengetahui dimanakah letak Fountain Fiil, coba klik ikon Fill Tool di Toolbox pilih Fountain Fill atau cara pintasnya dengan menekan F11 pada keyboard.

Coba anda buat sebuah objek, misalnya objek kotak, lingkaran, text ataupun yang lainnya.
Sebagai contoh saya buat objek kotak menggunakan Rectangle Tool.
 
Setelah itu buka kotak dialog Fountain Fill di Toolbox, dengan cara, seperti pada langkah yang sebelumnya.

Keterangan:
1 : Jenis Fountain
2 : Center offset
3 : Color Blend
4 : Two color
5 : Mid-point
6 : Presets
7 : Menambahkan dan Menghapus Presets
8 : Kombinasi Warna
9 : Options
10 : Preview
Dari angka 1-10, akan saya bahas satu persatu dari menu Fountain Fill.

Jenis Fountain
Di bagian Type atau jenis Fountain, ketika anda klik maka anda akan melihat 4 pilihan yaitu, Linear, Radial, Conical, dan Square.

Digunakan untuk membuat objek dengan gradasi yang disediakan oleh Fountan Fill.

Center Offset
Di bagian ini digunakan untuk menentukan titik tengah dari jenis Fountain yang kita pilih. Center Offset akan aktif jika kita memilih jenis Fountain salain Linear, yaitu jika kita memilih Radial, Conical dan Square maka Center Offset akan aktif.
Misalkan saya akan mencontohkan jenis Fountain yang radial. Jika kita mengisi angka 30 untuk Horizontal, maka titik tengahnya akan bergeser secara Horizontal ke arah kanan.

Dan apabila kita mengisikan 30 untuk Vertical, maka titik tengahnya akan bergeser ke arah atas secara Vertical.

Selain mengisikan angka di Horizontal dan Vertical secara menual, anda bisa melakukannya secara cepat tanpa manual. Caranya anda bisa klik previewnya, dan geser ke arah mana saja yang anda inginkan.

Color Blend

Di bagian Color Blend ada dua pilihan, yaitu Two color dan Custom.
Two color digunakan memberikan warna pada jenis Fountain hanya 2 warna saja, sedangkan kalau Custom kita bisa memberikan lebih dari 2 warna, dan kita juga bisa memberikan berbagai macam warna dalam satu jenis Fountain.

Bila kita mencentang Custom atau memilih pilihan Custom, maka tampilannya akan berubah seperti pada gambar di bawah ini.
 
Jika anda ingin memberikan warna lebih dari dua, tambahkan anak panah kecil di atas kotakan dengan cara klik kiri mouse dua kali, maka akan muncul anak panah di situ.

Sebagai contoh, saya memberikan 5 anak panah, dan di setiap anak panah warnanya berbeda-beda.
Cara memberikan warna berbeda, pertama anda klik kotak kecil sebelah kanan dulu, beri warna ungu, kemudian bergeser ke kiri klik anak panah beri warna biru, dan seterusnya sampai kotak kecil di sebelah kanan. Seperti pada gambar di bawah ini.

Maka tampilan di previewnya akan seperti ini.


Two color

From-To ini akan muncul, jika tadi kita memilih Two color di Color Blend. Dari From menunjukan warna pertama yang kita pilih dan dari To untuk menuju sambungan warna dari From. Anda bisa memilih warna sesuai keinginan anda.

Mid-point

Di bagian ini digunakan untuk mengatur tingkat intensitas atau ketebalan pada jenis Fountain. Mid-point akan muncul bila kita memilih Two color.

Semisal jika anda mengisi angka pada Mid-point 50, maka ketebalan pada kedua warnanya akan sama, dan jika mengisi angkanya 1, maka warna yang dominan warna yang di sebelah kanan, sedangkan jika kita mengisi angka 99, maka yang dominan warna di sebelah kiri.

Presets
Di bagian ini digunakan untuk memilih kombinasi warna yang disediakan oleh Fountain Fill

Cara memilih kombinasi warna di Presets, anda tinggal klik tanda anak panah kecil, maka akan muncul macam-macam kombinasi warna, anda tinggal pilih salah satu dari kombinasi warna Presets yang anda inginkan. Berikut macam-macam kombinasi warna yang sudah ada di Presets.

Menambahkan dan menghapus Presets

Di bagian ini, kalau anda membuat motif kombinasi warna baru yang belum ada di Presets dan ingin menyimpannya, anda tinggal mengklik tanda (+).
Dan sebaliknya, jika anda ingin menghapus kombinasi dari Presets, anda tinggal klik tanda (-).

Kombinasi Warna

Di bagian ini, Anda bisa membuat kombinasi mengikuti alur dari paletts berbentuk lingkaran.

Jika anda mengklik ikon garis, maka alurnya akan lurus ke arah mana saja.
Dan jika anda mengklik ikon tanda panah mengarah ke kiri, maka alurnya akan memutar kearah kiri.
Dan yang terakhir jika anda mengklik ikon tanda panah mengarah ke kanan, maka alurnya akan memutar ke arah kanan.

Options

Di bagian ini terdapat pilihan Angle, Steps dan Edge pad.

Angle digunakan untuk mengatur warna gradasi pada jenis Fountain dengan arah memutar secara manual, menu Angle akan aktif jika kita memilih jenis Fountain yang Linear, Conical dan Square.
Steps digunakan untuk mengatur kehalusan warna gradasi pada jenis Fountain, menu Steps akan aktif jika kita mengklik ikon kunci disebelah kanan.
Edge pad sama halnya dengan Steps yaitu digunakan untuk mengatur kehalusan warna gradasi, tapi dengan Edge pad kita bisa mengatur kehalusannya berdasarkan persentasi.

Preview
Di bagian preview, kita bisa melihat jenis perintah yang kita gunakan di Fountain Fill secara langsung tanpa mengakhiri kotak dialog Fountain Fill.

Akhirnya selesai juga membuat postingan ini, semoga artikel ini bisa dipahami, kata-katanya mudah dimengerti dan semoga juga bermanfaat bagi semua.

No comments:

Post a Comment