Monday, 4 January 2016

Belajar Membuat Logo Barcelona Menggunakan CorelDraw

Belajar Membuat Logo Barcelona Menggunakan CorelDraw

Siapa sih yang tak kenal klub Barcelona asal spanyol, yang merupakan klub dengan para pemainnya keren-keren semua, seperti Lionel Messi, Iniesta, dan lain sebagainnya. Dan kali ini saya akan membuat Logonya dengan menggunakan aplikasi CorelDraw.

Dan langsung saja untuk memulai langkah-langkahnya.

Langkah pertama bukalah aplikasi CorelDrawnya, dan setelah sampai di lembar kerja, buatlah 13 buah garis menggunakan Freehand Tool atau Pen Tool di Toolbox, dengan garis melengkung yang di atur sesuai bentuk dari logo Barcelona.
Membuat garis melengkung

Kemudian gabungkanlah dan  persatukan semua objek garisnya, lalu klik kanan pilih Combine atau menekan Ctrl+L di keyboard.
menggabungkan garis

Setelah itu, sambungkanlah garis-garis yang belum tersambung agar semua objek garisnya menyambung satu sama lain.

Caranya dengan seleksi objeknya lalu klik Shape Tool, setelah Shape Tool sudah aktif, kemudian seleksi kedua node pada kedua objek garis, maka di Property bar Shape Tool akan muncul Join Two Nodes, klik Join Two Nodes tersebut, maka kedua garisnya pun akan tersambung.

Karena disini ada 13 objek garis, maka sambunglah secara bergantian.
menyambungkan kedua node

Lalu berilah warna seperti warna pada logo Barcelona-nya dengan Uniform Fill.
memberi warna

Selanjutnya buat objek lagi, dengan menyalin objek sebelumnya, lalu potonglah(Trim) objeknya menjadi 2 dan tempatkan objeknya seperti pada gambar dibawah ini.
memotong objek sebelumnya

Kemudian buatlah objek palang merah dan garis-garis dengan memanfaatkan Rectangle Tool, dan berilah warna sesuai dengan logo aslinya, lalu gabungkan atau Grouplah semua objek yang dibuat dengan klik kanan mouse pilih Group, seperti pada gambar dibawah ini.
Membuat garis persegi panjang

Selanjutnya masukan objek yang sudah di Group tadi kedalam objek yang sudah dibuat sebelumnya, caranya seleksi dahulu objek yang sudah di Group, lalu klik Menu Effects > PowerClip > Place Inside Container, dan setelah sudah mengklik Place Inside Container, arahkan pointer mouse ke dekat objek yang sebelumnya dibuat, lalu klik kiri mouse, maka objek yang sudah di Group tadi akan masuk kedalam objek yang sebelumnya di buat.
memasukan objek

Selanjutnya buat lagi objek kotak persegi panjang 7 buah, berilah warna dan juga susunlah seperti pada gambar dibawah ini, dan jangan lupa untuk menyatukan semua objek persegi panjangnya dengan cara klik kanan mouse pilih Group.
membuat objek kotak persegi panjang

Setelah itu masukan objek yang sudah dibuat tadi kedalam objek yang sebelumnya dibuat, dan lakukan cara ini seperti pada langkah sebelumnya.
Place Inside Container

Selanjutnya buat objek berbentuk bola dengan menggunakan Freehand Tool dan Ellipse Tool, dan juga beri warna dan garis Outline 1,5 mm, seperti pada gambar di bawah ini.
Membuat bola

Kemudian tempatkan objek bolanya di tengah objek sebelumnya di buat.
Tempatkan di atasnya logo Barcelona

Dan sebagai langkah terakhir tambahkan kata FCB dan tempatkan pada posisi paling tengah objek dan juga beri garis Outline pada objek paling belakang 2,5 mm.
Logo Barcelona selesai di buat

Maka jadilah logo Barcelonanya, selamat mencoba dan semoga berhasil.




1 comment: