Saturday, 23 January 2016

Inilah 14 Negara yang Dilalui Garis Khatulistiwa



Negara yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Khatulistiwa merupakan garis keliling bumi yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Pada umumnya, negara-negara yang di lewati oleh garis Khatulistiwa memiliki Hutan Hujan Tropis, dan memiliki curah hujan yang tinggi, yaitu sekitar 98 inci hingga 138 inci per tahun. Dan berikut ini adalah negara-negara di dunia yang di lalui garis Khatulistiwa.

Indonesia
Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia memiliki luas wilayah hampir mencapai 2 juta km persegi dan merupakan negara terluas di Asia Tenggara. Selain itu Indonesia juga di kenal dengan sebutan Zamrud Khatulistiwa itu di karenakan Indonesia memiliki tanah yang subur dan kekayaan alamnya yang melimpah.

Brasil
Brasil adalah negara berikutnya yang di lalui oleh garis Khatulistiwa. Brasil berada di bunua Amerika tepatnya Amerika selatan, berbatasan langsung dengan lebih dari 8 negara di Amerika selatan. brasil juga termasuk penghasil kopi terbesar di dunia. brasil memiliki luas mencapai 8.511.965 km persegi dan merupakan negara terluas ke lima di dunia.

Ekuador
Ekuador adalah negara yang berada di kawasan benua Amerika selatan bertetangga dengan negara Brasil dan di lalui oleh garis Khatulistiwa. Ekuador berbatasan dengan negara Kolombia di sebelah utara, Peru di sebelah selatan, Brasil di sebelah timur dan sebelah baratnya adalah samudra pasifik samudra terluas di dunia.

Somalia
Somalia adalah negara yang terletak di benua Afrika yang di lalui oleh garis Khatulistiwa, berbatasan langsung dengan negara Ethiopia dan Kenya di sebelah barat dan sebelah timurnya adalah samudra Hindia. Ibukota negara ini adalah Mogadishu. Luas negara Somalia mencapai 637.657 km persegi.

Kenya
Kenya adalah negara yang berada di benua Afrika yang bertetangga dengan negara Somalia. Berbatasan negara Uganda di sebelah barat, Ethiopia di sebelah utara, Tanzania di sebelah selatan dan negara Somalia, samudra Hindia di sebelah timur. Negara kenya memiliki luas mencapai 582.650 km persegi.

Kolombia
Kolombia merupakan negara yang terletak di benua Amerika bagian selatan yang dilalui garis khatulistiwa, dan juga bertetangga dengan negara yang dilalui garis khatulistiwa juga, yaitu Brasil dan Ekuador. Kolombia berbatasan dengan 5 negara benua Amerika, antara lain Brasil, Panama, Ekuador, Venezuela dan Peru.

Gabon
Gabon juga termasuk dalam negara yang di lalui garis khatulistiwa, terletak di benua Afrika yang berbatasan langsung dengan Kamerun, Republik Kongo dan Guinea Khatulistiwa, bersebelahan dengan samudra terluas ke dua di dunia, yaitu Atlantik. Gabon memiliki luas mencapai 267.668 km persegi dan memiliki populasi penduduk 1.384.000 jiwa.

Maladewa
Maladewa merupakan negara yang terletak di Benua Asia dan di kelilingi oleh Samudra Hindia dan tidak mempunyai batas negara secara langsung dengan negara lain. Maladewa memiliki luas wilayah mencapai 300 km persegi, dan memiliki total penduduk sekitar 339.330 jiwa.

Kiribati
Kiribati merupakan negara yang di lalui garis khatulistiwa yang terletak di Oseania, yang bersebelahan dengan samudra Pasifik di sebelah timur, dan negara terdekat dengan Kiribati adalah Tuvalu, kepulauan Solomon, Nauru dan kepulauan Marshall.

Republik Kongo
Republik Kongo merupakan negara yang terletak di Benua Afrika yang berbatasan langsung dengan negara Gabon di sebelah barat, republik Demokratik Kongo di sebelah timur, Angola di sebelah selatan dan juga Afrika tengah dan Kamerun di sebelah utara.

Republik Demokratik Kongo
Republik Demokratik Kongo Merupakan negara yang di lalui garis khatulistiwa selanjutnya, di negara ini memiliki total penduduk mencapai sekitar 58 juta jiwa. negara ini juga merupakan negara terluas ke 11 di dunia, yaitu mencapai 2.345.410 km persegi.

Uganda
Uganda merupakan negara yang terletak di Benua Afrika yang berbatasan dengan 5 negara Afrika, yaitu Tanzania, Rwanda, Kenya, Sudan selatan dan juga Republik Demokratik Kongo.

Sao Tome dan Principe
Sao Tome dan Principe merupakan negara yang di lalui garis Khatulistiwa yang terletak terpisah dari daratan Afrika sebelah barat, negara ini memiliki luas wilayah mencapai 1001 km persegi.

Nauru
Selain Kiribati, Nauru juga termasuk dalam negara yang di lalui garis khatulistiwa di wilayah Oseania. Negara ini beribukota Yaren dan merupakan negara terkecil ke tiga di dunia setelah Vatikan dan Monako.

2 comments: