Monday, 18 January 2016

Mengenal Bagian Lembar Kerja CorelDraw

Bagian Lembar Kerja CorelDraw

Sebelum anda mengetahui lebih dalam apa itu aplikasi desain grafis CorelDraw, alangkah baiknya anda mengetahui bagian lembar kerja terlebih dahulu. Di dalam lembar kerja CorelDraw terdapat bagian-bagian seperti, Menu Bar, Property Bar, Drawing Page, Color Pallete dan lain sebagainya. Dan sekarang saya akan bahas tentang bagian-bagian yang ada di lembar kerja CorelDraw.

1. Title Bar
Nama judul dokumen kerja yang digunakan untuk menampilkan nama File yang sedang dikerjakan.

2. Menu Bar
Menu bar merupakan kumpulan perintah-perintah yang sudah dikelompokan yang terletak di bagian atas antara Title Bar dan Toolbar Standar. Di Menu bar berisi perintah-perintah seperti File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Table, Tools, Window, dan Help.

3. Toolbar Standar
Toolbar Standar Berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk mempersingkat pekerjaan di CorelDraw. Toolbar ini terdiri dari New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Import, Export, Application Launcher, Welcome screen, Zoom level, Snap to dan Options.

4. Property Bar
Property bar merupakan fasilitas tambahan yang muncul setelah kita memilih salah satu alat di Toolbox. Property bar digunakan untuk mempermudah pemakaian alat di Toolbox yang kita pilih, dan terletak di antara Standar Toolbar dan Rulers.

5. Rulers
Rulers adalah garis vertical dan horizontal yang digunakan untuk menentukan posisi dan ukuran objek di lembar kerja.

6. Drawing Window
Merupakan jendela lembar kerja yang digunakan untuk mengolah atau menggambar sebuah objek yang dibatasi oleh Scroll bar dan kontrol aplikasi.

7. Drawing Page
Merupakan area menggambar dan juga tempat untuk menempatkan hasil akhir dari sebuah gambar yang akan di cetak.

8. Toolbox
Toolbox berisi macam-macam Tool yang digunakan untuk membuat objek, mengedit objek dan memodifikasi objek sesuai dengan kebutuhan. Beberapa Tool secara default terlihat pada Toolbox, untuk memunculkan Tool yang tersembunyi, kita harus mengklik panah kecil yang berada di pojok kanan bawah Tool yang terlihat. Dengan mengklik panah tersebut maka akan muncul Flyout yang berisi Tool yang tersembunyi. Flyout tersebut akan menampilkan sekumpulan Tool yang berkaitan dengan Tool yang kita klik. Jika ada panah kecil di pojok kanan bawah, itu menandakan adanya Flyout pada Tool tersebut.

9. Dockers
Merupakan fasilitas kotak dialog di CorelDraw yang berisi perintah-perintah yang sering digunakan dalam bentuk tetap, biasanya fasilitas kotak dialog Dockers terletak di sebelah kanan lembar kerja, dan untuk menampilkan fasilitas Docker, anda tinggal klik Menu Window dan pilih Docker, setelah itu pilihlah Docker yang akan anda gunakan dalam menggambar objek di lembar kerja.

10. Scroll Bar
Scroll bar digunakan untuk menggulung layar secara vertical maupun horizontal.

11. Navigator
Tombol Navigasi digunakan untuk melihat keseluruhan area gambar dengan ukuran kecil, yang berada di sebelah kanan bawah Drawing window, dan di antara Scroll bar vertical dan horizontal.

12. Color Pallete
Color Pallete digunakan untuk memberikan warna pada objek gambar maupun text dengan pilihan warna yang beragam, yang terletak di bagian kanan halaman utama, yang membentuk secara vertical. Untuk memberikan warna pada sebuah objek, anda tinggal mengklik saja warna yang anda sukai.

13. Page Number
Berisi informasi halaman CorelDraw yang berada di bagian bawah lembar kerja.

14. Status Bar
Digunakan untuk meletakan berbagai infomasi pada baris status yang terletak di bagian paling bawah halaman utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar atau text atau juga alat proses yang terpilih.

No comments:

Post a Comment