Saturday, 9 January 2016

Mengenal Fungsi Shaping di CorelDRAW

Mengenal Fungsi Shaping di CorelDRAW

Di CorelDRAW Shaping berfungsi untuk memotong ataupun menggabungkan dua buah objek atau lebih. Tool Shaping akan muncul di Property Bar jika kita menyeleksi 2 objek atau lebih, Tool Shaping ini memiliki 7 buah perintah yaitu: Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front dan Create Boundary. Dari ke 7 perintah tersebut, semuanya itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dan kali ini saya akan membahas satu-persatu dari 7 macam perintah yang ada di Shaping, dan langsung saja kita mulai dari :

Weld
Weld digunakan untuk menggabungkan dua objek atau lebih, sebagai contoh saya akan buat 3 buah objek yang berbeda, lalu tumpuklah ketiga objek tersebut seperti pada gambar di bawah ini
 
perintah Weld

Setelah itu kita seleksi ketiga objek dan kemudian klik Weld di Property Bar, maka bentuk dan warnanya akan berubah, seperti pada gambar di bawah ini
Weld

Warna objek hasil dari penggabungan Weld akan berubah mengikuti objek yang diseleksi terakhir yaitu warna hijau.

Trim
Trim berfungsi untuk memotong objek yang menumpuk, di perintah Trim, pemotong adalah objek yang pertama yang di pilih.
Sebagai contoh buatlah kembali 3 objek yang berbeda seperti pada contoh yang sebelumnya, lalu seleksi semua objeknya dan kemudian klik Trim di Property Bar, maka akan mendapatkan hasil dari pemotongan Trim seperti pada gambar di bawah ini.
 
perintah Trim
Intersect
Intersect digunakan untuk memotong antara ke dua buah objek yang menumpuk, dan hasil potongannya akan membentuk objek baru.
Sebagai contoh buat 3 objek seperti contoh sebelumnya, lalu klik Intersect di Property Bar maka hasilnya akan seperti ini.
 
perintah Intersect
Simplify
Simplify adalah perintah yang hampir sama dengan Trim, tapi Simplify digunakan untuk menyederhanakan objek yang menumpuk, dengan Simplify objek yang terseleksi lebih dari dua, dan semua objeknya memotong satu sama lain.
Contohnya anda buat lagi 3 buah objek, dan kemudian lakukan klik Simplify di Property Bar, maka akan mendapatkan hasil seperti pada gambar di bawah ini.
perintah Simplify

Front Minus Back
Front Minus Back digunakan untuk memotong objek yang berada di bagian atas objek, dan ketika telah telah melakukan perintah Front Minus Back, maka objek yang berada di bagian bawah akan hilang.
Sebagai contoh buat objek kotak dan lingkaran, dan setelah itu seleksi kedua objeknya, lalu klik Front Minus Back di property Bar, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.
perintah Front Minus Back

Back Minus Front
Back Minus Front digunakan untuk memotong objek yang berada di bagian bawah objek, dan ketika telah telah melakukan perintah Back Minus Front, maka objek yang berada di bagian atas akan hilang, jadi Back Minus Front adalah kebalikan dari perintah Front Minus Back.
Contohnya buat lagi objek kotak dan lingkarannya, lalu seleksi kedua objek tersebut, lalu klik Back Minus Front di Property Bar, maka hasilnya akan seperti ini.
perintah Back Minus Front

Create Boundary
Create Boundary digunakan untuk membuat objek baru berupa garis dari gabungan objek yang terseleksi.
Sebagai contoh buatlah objek bintang dan kotak persegi, setelah itu seleksi kedua objek tersebut dan kemudian klik Create Boundary di Property Bar, maka akan mendapatkan hasil seperti pada gambar di bawah ini.
perintah Create Boundary


No comments:

Post a Comment