Thursday, 7 January 2016

Mengenal Tentang Sistem Operasi Linux Beserta Distribusinya

Mengenal Tentang Sistem Operasi Linux Beserta Distribusinya

Menurut sejarah, Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa asal Finlandia yang bernama Linus Torvalds.

Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-baum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991.

Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan soft-ware dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari.

Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial misalnya saja windows 9.x/NT/2000/ME.

Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.

Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien.

Internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh C-Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project.

Compiler ini banyak digunakan  pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office.

Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi atau yang sering disebut Distro.

Sistem Operasi Linux terdiri dari : kernel linux, program sistem dan beberapa program aplikasi.
Kernel merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan keluaran, proses-proses, pemakaian file pada file system dan lain-lain.

Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi.
Program sistem dan semua program-program lainnya (aplikasi) yang berjalan di atas kernel disebut user mode.

Perbedaan mendasar antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan sedangkan program aplikasi adalah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu. Contoh : daemon merupakan program sistem sedangkan pengolah kata (word processor) merupakan program aplikasi.

Dalam banyak hal, kernel Linux merupakan inti dari proyek Linux, dimana kernel Linux terdiri dari kode-kode yang dibuat khusus untuk proyek Linux.

Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti : manajemen proses, manajemen memori, hardware device drivers, filesystem drivers, manajemen jaringan dan lain-lain.

Namun bagian yang terpenting ialah manajemen proses dan manajemen memori. Manajemen memori menangani daerah pemakaian memori, daerah swap, bagian-bagian kernel dan untuk buffer cache. Manajemen proses menangani pembuatan proses-proses dan penjadwalan proses.

Macam-macam Distribusi linux
Mengenal Tentang Sistem Operasi Linux Beserta Distribusinya


Terdapat banyak sekali distribusi Linux atau yang lebih dikenal sebagai distro, yang dibuat oleh perorangan, kelompok, atau pun suatu lembaga, diantaranya :

1. BackTrack
2. BlankOn
3. CentOs
4. ChromeOS
5. ClearOS
6. Damn Small Linux
7. Debian
8. Fedora
9. Freespire
10. Gentoo

11. Knoppix
12. Kuliax
13. Linare
14. Lindows
15. Linspire
16. Lycoris
17. Mandriva
18. Linux Mint
19. OpenSUSE
20. PCLinuxOS
21. PuppyLinux
22. Red Hat
23. Sabayon
24. Sabili
25. Slackware
26. TurboLinux
27.Ubuntu
28. Xandros
29. Zencafe


Dan masih banyak lagi distribusi Linux lainnya.
Mungkin itu saja yang saya bahas, semoga bisa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment