Saturday, 30 April 2016

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat bebas dan opensource yang dapat di modifikasi ulang secara bebas. Meskipun bersifat bebas, Linux memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan apa sajakah kelebihan dan kekurangannya, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux.

Kelebihan SO Linux :

1. Linux adalah salah satu sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

2. Selain multitasking, Linux juga dapat mendukung multiuser, yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem.

3. Linux juga mendukung multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan memungkinkan lebih satu user masuk ke dalam sistem.

4. Linux bersifat open source dan bebas dan juga dapat dimodifikasi kembali secara bebas.

5. Sekarang Linux sudah mudah di operasikan. Bahkan sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna linux identik dengan para hacker.

6. Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.

7. Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.

8. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.

9. Linux mendukung struktur file yang bersifat hirarki.

10. Linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum.

11. Linux mempu berjalan di dua mode.

12. Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.

13. Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.

14. Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

Kekurangan SO Linux :

1. User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.

2. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.

3. Lebih mudah Windows daripada Linux untuk proses instalasinya.

4. Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.

5. Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix-like.

6. Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

No comments:

Post a Comment